Jumat, 27 September 2013

Penting Jadi Baik

Hidup di bumi maksimal 100 tahun di angka, ga lebih dari 20 persen manusia bumi yang bisa lebih dari itu. Kalau menurut asuransi jiwa, jam terbang manusia maksimal 99 tahun. Kalau menuruti usia Nabi, usia hidup 63 tahun. Kalau menurut ketentuan Allah, ya walaupun ga tahu umur kita itu berapa, ya maksimal 100 tahun itu..Wallahualam juga.

Jadi sebenarnya kalau manusia memutuskan berbuat jahat, kemungkinan besar kejahatan dia akan ranum di bumi tidak lebih lama dari 100 tahun.

Apakah penting menjadi orang jahat jika waktu yang dimiliki "cuma" 100 tahun?

Menjadi jahat itu mudah. Saat ada rasa bahwa "ini tidak adil" atau "kamu menghina sekali" atau "dia memfitnahku", akan mudah bagi kita untuk membalas dengan hal serupa. Membalas dengan menjadi jahat. Ikut memfitnah kembali, ikut membicarakan keburukan orang lain didepan komunitas, bertindak narsis didepan pimpinan. Itu adalah jahat,dan sangat mudah dilakukan.

Tapi apakah itu penting? Pentingkah untuk kemudian membalas fitnah dengan fitnah. Membalas hinaan dengan hinaan, membalas ketidak adilan dengan sikap buruk ?

Jawaban sesuai buku agama adalah, tidak penting.

Jawaban sesuai nafsu adalah, sangat penting.

Jawaban sesuai hati nurani, tidak penting.

Tidak apa kita dihina, difitnah dan diperlakukan tidak adil.
Ada kalanya itu adalah ujian. Karena bagaimanapun,logikanya adalah :

Saat ada orang berlaku tidak adil, adalah karena orang yang berlaku demikian takut ketika kita diperlakukan secara adil,yang terjadi adalah kemampuan kita akan melampaui dirinya. Itulah dijadikannya sekat ketidakadilan untuk menjadi penghalang langkah kita.

Saat ada orang menghina, artinya ia tidak punya pekerjaan lebih penting daripada menghina orang lain.

Saat ada orang memfitnah kita, logika perlakuan tidak adil adalah sama disini. Fitnah dianggap bisa menghadang jalur langkah kita supaya tidak lebih maju darinya.

Bagaimana kalau yang melakukan semua itu adalah orang yang memiliki pengaruh di komunitas?

Tidak apa. Logikanya, apa yang dia ucap,akan kembali padanya. Dalam waktu singkat,atau lambat.

Begitulah, mengapa penting jadi baik.

Jika engkau diperlakukan sedemikian rupa ditempat kerja saat ini, tengoklah bahwa dengan ilmu yang kau peroleh dari sana, akan membawamu pergi ke tempat yang tidak terjangkau oleh orang yang ada disana. Jika engkau diperlakukan sedemikian keji ditempat tinggal, ingatlah bahwa azab Tuhan sangat pedih.

Pentinglah untuk jadi baik.

Mulailah hari ini.

:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar