Kamis, 22 November 2012

(#3) Resign,The Life Style : Kubangan Ta* Kebo

Semalem jam 11, gue diceritain temen gue yang kerja di Huawei. Kata dia, serikat pekerja tuh kantor Cina bakal ngadain mogok massal se-Indonesia demi biar Outsourcing dihilangkan. Sekarang yang gue tahu, semua orang kalau kerja tampak perlente, cuma ada kemungkinan doi OS atau pegawai kontrak, atau kalau permanen juga kapan aja bisa ditendang. Termasuk di kantor kipas merah itu. Trus kalau pas jaman gue tengah tahun kemaren lagi ada musim resign, sekarang musim dipecat tuh. Tragis lah pokoknya. Gue pikir resign atau dipecat itu sama aja, itu soal pemilihan kata aja. Toh hasil akhirnya sama, dia akan bekerja di perusahaan lain yang ga kalah jangkriknya, atau dia bakal berdiri menantang dunia dengan gerobak kebab kayak senior gue di Bandung sana. Kodrat sih, toh semua orang juga punya pilihan untuk itu. Dia memilih buat resign, atau dia memilih untuk dipecat.

Trus ya kalau resign or dipecat, artinya udah dikejar waktu buat nemu penggantinya, biar bayaran kos tetep lunas nd bisa makan. Itulah jebakan amit-amitnya hidup di negeri ini. Karena secara otomatis, orang akan memilih perusahaan atau pintu kemunginan yang tercepat menghasilkan uang. Trus karena dituntut kecepatan dan sulitnya menjaga kecepatan dalam ketepatan itulah, banyak orang akhirnya masuk dalam lingkungan yang ga  nyaman dan makin menyudutkan dia. Akhirnya, orang-orang itu ga tahan dan resign lagi , atau dipecat lagi. Ini seperti lingkaran kan, tapi balik lagi, ga ada sesuatu yang terjadi tanpa Ijin Dia. Lo mau masuk kubangan tai kebo pun itu atas ijin Dia walo itu juga karena kesembronoan lo sendiri kepleset masuk situ. At least, dalam kubangan tai kebo sekalipun lo diwajibkan belajar banyak. Gue ga peduli lo belajar apa dalam kubangan tai kebo ya, gue cuma menekankan, situasi kita sama-sama sulit dan pengen rasanya nyilet nadi orang gara-gara saking keselnya sama situasi. Gue cuma menekankan, gue yakin lo bakal keluar dari kubangan tai kebo seberapa dalamnya itu, lo tau kenapa, karena kodrat lo disitu dan Dia tau lo ga nyaman ada disitu (ya siapa sih yang nyaman dalam kubangan tai kebo), maka Dia lagi nyiapin  kubangan entah itu air  bersih atau malah air madu buat lo. Ya lo belajar aja banyak-banyak disitu, kayak gue disini. Sama-sama belajar nd bersihin diri, siap-siap buat jadi lebih cakep buat pindah kubangan.

Hidup kubangan tai kebo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar